Cara Membuat Rencana Pemasaran yang Efektif

         Sebagian besar pemilik usaha kecil mengetahui pentingnya rencana bisnis, yang menguraikan jalur kesuksesan perusahaan Anda. Salah satu elemen penting dari rencana itu adalah strategi pemasaran Anda.

cara membuat rencana pemasaran efektif

Karena strategi ini dimakamkan dalam rencana bisnis yang lebih besar, banyak pemilik usaha kecil mungkin tidak memberi pemasaran waktu, penelitian dan perhatian yang pantas,
dengan asumsi mereka mengetahui basis pelanggan mereka dan bagaimana mencapainya. Namun, pendekatan mendalam dan terperinci untuk menyusun strategi pemasaran Anda dapat mengungkapkan peluang dari audiens baru atau lini produk potensial, perangkap dalam penetapan harga, reaksi persaingan, dan jangkauan potensial.

Paling mendasar, rencana pemasaran menggambarkan siapa pelanggan Anda,
di mana mereka mendapatkan informasi dan bagaimana Anda akan mencapainya. Robert J. Thomas, seorang profesor pemasaran di McDonough School of Business di Universitas Georgetown, mengatakan bahwa pengembangan rencana pemasaran mengharuskan Anda menyelesaikan empat tugas spesifik:

1. Kembangkan wawasan yang sangat jelas dan terfokus tentang mengapa calon konsumen akan menggunakan bisnis Anda. Lebih khusus lagi, pikirkan kebutuhan inti yang akan dipenuhi oleh produk atau layanan Anda.
Apakah untuk membantu pelanggan Anda melewati hari lebih mudah? Apakah pekerjaan mereka lebih efisien? Dihormati dan dikagumi oleh teman? Penawaran Anda harus dirancang untuk memecahkan masalah klien atau memenuhi kebutuhan pelanggan lebih baik daripada yang dapat dilakukan oleh pesaing.

2. Identifikasi target pelanggan Anda. Ada banyak pelanggan potensial di sebagian besar pasar,
Tapi untuk sukses lebih cepat dan lebih baik, usaha kecil harus mempelajari pasar dan menentukan karakteristik target pelanggan terbaiknya. Target pelanggan harus dijelaskan secara rinci. Buat avatar, atau orang fiktif, yang memiliki semua atribut target pelanggan Anda, dan periksa apa yang orang akan katakan, lakukan,
merasa dan berpikir dalam perjalanan sehari.

3. Identifikasi pesaing yang juga menginginkan target pelanggan Anda. Tidak peduli seberapa asli produk atau layanan Anda, selalu ada persaingan untuk mendapatkan dolar pelanggan target Anda. Usaha kecil jarang meluangkan waktu untuk mempelajari kompetitor mereka secara mendalam,
atau menentukan persaingan yang mungkin berada di luar industri mereka tapi sama seperti mampu menarik pelanggan menjauh. Mempersiapkan untuk mengetahui siapa itu, apa keunggulan kompetitif inti mereka dan bagaimana mereka akan merespons penawaran Anda (potongan harga, peningkatan komunikasi, dll.) Akan membantu Anda mengetahui strategi untuk mengatasi kerugian tersebut.

4. Catatlah pernyataan (positioning merek) Anda untuk target pelanggan Anda. Pada akhirnya, merek Anda dan apa yang dilambangkan bagi pelanggan akan menjadi keunggulan kompetitif terkuat Anda. Anda harus bisa menuliskan kalimat deklaratif sederhana tentang bagaimana Anda akan memenuhi kebutuhan pelanggan dan mengalahkan kompetisi.
Pernyataan posisi terbaik adalah pemikiran tunggal dan fokus pada pemecahan masalah bagi pelanggan dengan cara yang mendorong nilai terbaik.

Pendekatan pemasaran

Sekarang setelah Anda mengetahui unsur-unsur rencana, Anda perlu mengetahui bagaimana Anda akan mencapai target pelanggan itu. Selain media cetak dan media cetak tradisional,
berikut adalah tiga saluran pemasaran berbasis teknologi yang banyak dimanfaatkan pemilik bisnis saat ini.

Media sosial

Media sosial telah menjadi bagian penting dari rencana pemasaran bisnis karena setiap jenis pelanggan berada pada beberapa jenis platform, seperti Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn dan jaringan lainnya.
Pemilik usaha kecil bisa merasa terbebani dengan kemungkinan tapi harus fokus pada hal yang paling menguntungkan mereka.

sosial media sebagai alternatif pemasaran

Brett Farmiloe, pendiri perusahaan pemasaran internet Markitors, menyarankan perusahaan yang baru memulai media sosial untuk mengenal pelanggan mereka dan platform apa yang mereka gunakan.
"Cari tahu di mana pelanggan Anda menghabiskan waktu mereka, dan siapkan toko di platform tersebut," Farmiloe mengatakan kepada Business News Daily. "Kembangkan strategi konten yang bisa dijalankan secara internal, [dan kemudian] jalankan strategi Anda dengan memasang konten bermerek pada platform yang Anda pilih. Sementara ketiga langkah itu adalah kunci,
yang terbesar benar-benar menentukan apakah pelanggan Anda berada di platform ini. "

E-mail

Meskipun pemasaran email mungkin bukan konsep baru seperti pemasaran media sosial, namun pemasaran merupakan pilihan efektif dan populer bagi banyak pemilik usaha kecil. Perusahaan dapat menerapkan teknik pemasaran email dengan berbagai cara, termasuk menggunakan buletin,
kampanye promosi dan email transaksional. Perusahaan seperti MailChimp dan Kontak Konstan memudahkan perusahaan mengelola kampanye email mereka.

Farmiloe mencatat bahwa perusahaan dapat mengatur upaya pemasaran email mereka terpisah dengan melakukan segmentasi pasar mereka.

"Tidak semua pelanggan ingin menerima ledakan yang sama," kata Farmiloe.
"Pemasar email cerdas meluangkan waktu untuk memberi segmen pelanggan sejak awal, dan kemudian terus melakukan segmentasi berdasarkan aktivitas pelanggan. Melalui segmentasi, perusahaan mengurangi jumlah berhenti berlangganan, meningkatkan tingkat bunga terbuka dan yang terpenting, meningkatkan jumlah tindakan yang diambil dari kirim email
http://www.sitepromotiondirectory.com

Comments

Popular posts from this blog

Butuh Pekerjaan? 5 Cara untuk Menemukan Pekerjaan Cepat

15 Ide Bisnis Online Tahun Ini

Menentang Ketidakmungkinan: Dari Sekolah Tinggi Tunawisma Berangkat ke Pengusaha Sukses